Carasiana Kumpulan Artikel Cara, Tips dan Tutorial Yang Anda Cari

Cara Jogging yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

cara jogging yang tepat untuk menurunkan berat badan

Cara Jogging yang Tepat Untuk Menurunkan Berat BadanCarasiana.com – Olahraga menurunkan berat badan banyak caranya misal salah satunya adalah dengan jogging. Jogging selain murah juga bisa dilakukan dimanapun. Cara jogging yang tepat untuk menurunkan berat badan harus dipelajari terlebih dahulu agar jogging yang anda lakukan menjadi maksimal dan berat badan ideal yang anda inginkan segera terwujud.

Jogging adalah cara yang terbilang efektif jika anda ingin menurunkan berat badan, namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika jogging. Apa saja itu?

1. Harus pemanasan
2. Atur ritme pernafasan
3. Atur denyut nadi
4. Atur kecepatan jogging
5. Atur durasi jogging
6. Lakukan pendinginan
7. Rutin jogging
8. Minum air putih sebanyak mungkin
9. Jogging saat pagi hari

Cara Jogging yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Optimal

Berikut akan kami bagikan uraian dari cara joging yang tepat untuk menurunkan berat badan. Apa saja itu? Yuk simak uraian berikut ini :

1. Harus pemanasan

Pemanasan terlebih dahulu sebelum jogging bermanfaat mencegah timbulnya cedera. Saat jogging detak jantung akan berdetak dengan kencang apabila anda tidak pemanasan dahulu maka ini berbahaya untuk kesehatan jantung anda.

2. Atur ritme pernapasan

Aturlah ritme pernapasan anda secara baik yaitu dengan menariknya dari hidung kemudian keluarkan dari mulut. Aturlah nafas dengan pelan dan santai saat berlari, jangan terburu-buru sebab ini akan membuat nafas anda tersengal-tersengal.

3. Atur denyut nadi

Selain mengatur pernapasan anda juga harus mengatur denyut nadi saat jogging. Saat anda jogging biasanya detak nadi akan meningkat sampai 76% dari denyut nadi maksimal. Cara mengukur denyut nadi ialah dengan 220 dikurang jumlah usia.

4. Atur kecepatan jogging

Ketika jogging anda tidak perlu menggunakan kecepatan tinggi, cobalah jogging denan nyaman dan santai. Biasanya jogging yang benar ialah dengan kecepatan 7 sampai 8 km/jam.

5. Atur durasi jogging

Agar jogging anda efesien dalam menurunkan berat badan maka anda diharuskan mengatur durasi jogging setiap harinya. Jogging yang tepat yaitu selama 45 menit setiap harinya. Dengan durasi tersebut anda dapat menurunkan berat badan lebih efektif.

6. Lakukan pendinginan

Jika ada pemanasan maka sudah pasti harus ada pendinginan. Anda dapat melakukan pendinginan dengan berjalan secara cepat selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Selesai jogging hindarilah untuk langsung duduk atau menekuk kaki.

7. Rutin jogging

Melakukan jogging sekali tentu tidak membuat anda kurus, oleh karena itu diperlukan ketekunan dalam melaksanakan jogging. Anda bisa mengatur durasi jogging minimal 150 menit dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal.

8. Minum air putih sebanyak mungkin

Saat jogging tubuh mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, pastikan anda mengonsumsi banyak air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi agar pembakaran lemak akan berlangsung dengan optimal.

9. Jogging saat pagi hari

Melakukan jogging di pagi hari bermanfaat menurunkan berat badan lebih optimal daripada siang atau malam hari. Ketika kita jogging di pagi hari maka tubuh belum terisi apapun sehingga sisa metabolisme dari hari kemarin akan terbakar dengan cepat.

Itulah informasi mengenai cara joging yang tepat untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan hasil yang optimal. Jadi sebelum melakukan jogging pastikan anda mengikuti aturan yang tepat. Sembarangan jogging bukannya membuat tubuh menjadi kurus malah membuat penyakit yang baru. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu.

RelatedPost